Fungsi Dan Manfaat Kerodong Untuk Burung Kicau

Bagi kicau mania, tentunya sudah tidak absurd lagi dengan kerodong atau kain epilog sangkar. Dengan semakin maraknya hobi burung kicau, sekarang bentuk dan motif kerodongpun semakin bervariasi dengan aneka macam jenis materi kain dan majemuk warna untuk lebih mempercantik penampilan burung kesayangan.

Selain sebagai accesoris, fungsi dan manfaat kerodong bahwasanya sangat besar, bahkan menjadi salah satu penggalan penting dalam perawatan burung sehari-hari serta menjadi salah satu point penting untuk kesuksesan seekor burung menjadi jawara.

Fungsi dan manfaat kerodong antara lain:

• Mencegah stres pada burung

Manfaat kerodong yang pertama ialah untuk mencegah biar burung tidak stres, baik itu stres dalam perjalanan atau stres alasannya pindah kawasan dilingkungan yang baru.

Kerodong akan membatasi pandangan burung dari suasana diluar sangkar sewaktu dalam perjalanan yang berpotensi menciptakan burung menjadi stres dan juga melindungi burung dari panas matahari sewaktu dalam perjalanan.

Burung yang gres tiba dilingkungan gres juga memerlukan waktu untuk beradaptasi, dengan dikerodong maka akan membatasi interaksi burung dengan lingkungan sekitar yang masih absurd bagi burung, untuk beberapa hari burung perlu dikerodong biar terbiasa dulu dengan iklim dan suasana ditempat barunya.

Selain itu, kerodong juga sangat bermanfaat untuk burung yang sedang dalam masa mabung. Karena burung yang sedang mabung membutuhkan suasana yang hening biar dapat beristirahat dan fokus menuntaskan proses mabungnya. Dengan dikerodong, setidaknya burung menjadi lebih hening alasannya tidak melihat suasana diluar sangkarnya.

• Menjaga suhu didalam sangkar biar tetap stabil

Pada dikala cuaca dingin/musim hujan, kerodong menjadi sangat penting untuk burung alasannya bermanfaat untuk melindungi burung dari udara dingin, sehingga suhu badan burung tetap stabil dan tetap berada pada tingkat yang ideal.

• Melindungi burung dari hewan yang membahayakan keselamatannya

Burung yang dipelihara dalam sangkar tentunya sulit untuk melindungi diri dari ancaman disekitarnya, alasannya burung terkurung oleh sangkar yang membatasi ruang geraknya.

Bahaya dapat tiba dari serangan predator ibarat tikus, kucing, ular dan hewan lainnya, alasannya kita mustahil dapat mengawasi burung setiap saat. Dengan dikerodong, tentu akan menutupi burung dari penglihatan binatang-binatang predator tersebut.

Selain dari predator, ancaman juga dapat tiba dari serangga-serangga kecil yang dapat masuk kedalam sangkar melalui jeruji sangkar ibarat nyamuk dan kupu-kupu beracun (kepik/kleper).

Untuk burung-burung tertentu ibarat Kenari, sangat rawan dengan gigitan nyamuk. Karena kalau hingga kaki atau penggalan badan lain dari burung Kenari tergigit nyamuk, maka bekas gigitan tersebut akan membengkak dan menimbulkan bubul yang dapat berakibat fatal jikalau tidak segera diobati.

Sedangkan untuk burung-burung pemakan serangga, sangat rawan memakan serangga beracun (kepik/kleper) yang memasuki kandangnya, terutama pada malam hari dimana serangga-serangga tersebut sering mengerubungi lampu. Kalau hingga serangga beracun tersebut masuk kedalam sangkar dan dimakan oleh burung, maka akan berakibat janjkematian pada burung.

Karena itu kerodong sangat penting digunakan, terutama pada malam hari untuk melindungi keselamatan burung dari hal-hal yang tidak diinginkan.

• Meredam emosi burung yang super fighter

Untuk burung-burung lomba yang super fighter dan sensitif terhadap bunyi burung lain, pemakaian kerodong tentunya sangat mempunyai kegunaan untuk meredam emosi burung dilokasi lomba sebelum naik gantangan.

Karena kalau burung terus berkicau membalas kicauan burung lain sebelum waktunya digantang tentunya akan gembos begitu waktunya digantang, alasannya staminanya sudah terkuras untuk berkicau sebelum lomba dimulai.

Jadi, fungsi kerodong menjadi sangat vital untuk burung-burung lomba yang super fighter untuk membatasi interaksinya dengan burung-burung lain yang dapat memancing emosinya. Untuk kondisi ibarat itu, burung memerlukan kerodong yang tebal atau kerodong dobel biar lebih tenang.

• Mengoptimalkan suhu didalam sangkar pada waktu penjemuran

Untuk burung-burung tertentu yang membutuhkan panas lebih ibarat Cendet, tentu memerlukan penjemuran lebih usang biar suhu tubuhnya tetap ideal. Jadi, untuk mengoptimalkan panas sewaktu dijemur, dapat dilakukan jemur sauna/dijemur sambil dikerodong.

Baca juga:
Perawatan yang sempurna untuk Cendet/Pentet lomba

Jemur sauna/jemur kerodong akan mengoptimalkan suhu panas didalam sangkar menjadi 2 kali lebih panas dari penjemuran tanpa kerodong, dan tentunya akan mempersingkat waktu penjemuran bagi kicau mania yang tidak mempunyai banyak waktu untuk menjemur burungnya.

• Menjaga tingkat emosi burung yang kurang fighter (fighter rendah)

Untuk burung yang kurang emosi, dengan dikerodong setiap hari akan menciptakan burung terisolasi dari lingkungan luar dan akan membentuk mentalnya menjadi kuat. Dengan full kerodong, burung juga dapat beristirahat dengan hening dan tidak membuang tenaga untuk berkicau setiap hari.

Sehingga pada waktu dilombakan, stamina burung menjadi lebih prima dan tingkat emosi serta birahinya juga menjadi stabil alasannya tidak pernah berinteraksi dengan burung lain. Dan begitu melihat burung lain yang sejenis maka jiwa fighternya akan pribadi keluar.

Pilihlah kerodong yang sesuai dengan abjad burung dan juga iklim disekitar lingkungan dimana burung dipelihara.

Selain itu, kebersihan kerodong juga penting untuk diperhatikan biar burung terhindar dari serangan penyakit dan kutu yang berasal dari kerodong yang kotor. Sebaiknya kerodong dicuci seminggu sekali memakai detergent biar higienis dan steril.

Baca juga:
Manfaat terapi sauna untuk Kacer

Cara lain mengatasi Kacer mbagong

Demikian info wacana fungsi dan manfaat kerodong untuk burung kicau. Untuk info lain seputar burung kicau dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Banyak sekali manfaat dari sehelai kerodong

0 Response to "Fungsi Dan Manfaat Kerodong Untuk Burung Kicau"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel